Pro dan Kontra Weibo sebagai Alternatif Twitter pada tahun 2023
Pro dan Kontra Weibo sebagai Alternatif Twitter pada tahun 2023
Sina Weibo adalah sebuah situs microblogging Tiongkok. Mirip dengan hibrida dari Twitter dan Facebook, ini adalah salah satu situs paling populer di Tiongkok, digunakan oleh lebih dari 30% dari pengguna internet, dengan penetrasi pasar yang sama bahwa Twitter telah didirikan di Amerika Serikat. Wikipedia
Pemilik: Sina Corp
Bahasa: Tionghoa: Hanzi sederhana; Hanzi tradisional
Jenis situs: Mikroblog
Situs web: weibo.com
Ketika kepemimpinan kontroversial Elon Musk mendorong eksodus Twitter massal, pengguna yang kecewa mengeksplorasi alternatif seperti raksasa media sosial China, Sina Weibo. Menawarkan fitur unik seperti basis pengguna besar-besaran dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, Weibo adalah platform yang menarik bagi pembuat konten dan merek untuk memperluas jangkauan mereka dan terlibat dengan penggemar. Selain itu, menggunakan Weibo bersama dengan UniFans, platform keanggotaan yang memungkinkan pencipta untuk memonetisasi konten mereka sehingga memberi mereka aliran pendapatan pasif lain, dapat terbukti menjadi strategi pemasaran yang tangguh. Artikel ini menggali potensi Weibo sebagai alternatif untuk Twitter, menyoroti manfaat menggabungkan Weibo dan UniFans serta mengeksplorasi keterbatasan Weibo.
Batasan Baru Twitter Spark User Exodus
.Pengambilalihan Twitter yang kontroversial oleh Elon Musk pada Oktober 2022 terus menghasilkan berita utama, dengan para pengguna menemukan diri mereka berada di ujung tombak perubahan kebijakannya yang tidak disukai. Langkah terbaru CEO Tesla, batas sementara pada jumlah posting yang dapat dilihat pengguna setiap hari berdasarkan status berlangganan mereka, memicu kemarahan pengguna pada platform media sosial. Krisis ini meningkat Jumat 7 Juli, ketika pengguna menemukan bahwa mereka tidak bisa lagi mengakses konten dalam mode tamu, yang menyebabkan frustrasi yang meluas dan panggilan "Selamat tinggal, Twitter".
Musk membela langkah itu, mengklaim pembatasan itu dirancang untuk memerangi pengikisan data yang berlebihan oleh perusahaan AI, yang bertujuan untuk menjaga kualitas layanan bagi pengguna Twitter biasa. Selain itu, Musk mengisyaratkan sudut sosial, menyarankan perubahan akan mendorong pengguna untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di perangkat mereka dan lebih banyak waktu dengan keluarga mereka.
Namun, perubahan yang tidak diumumkan ini, ditambah dengan kritik sebelumnya terhadap tindakan Musk – yang mencakup merumahkan sekitar 80% karyawan perusahaan, mengaktifkan kembali profil yang sebelumnya dibatasi, dan tweeting teori konspirasi – telah meninggalkan rasa pahit di mulut banyak orang. Sentimen "Musk membunuh Twitter" cenderung di mesin pencari AS, menunjukkan tren pengguna yang semakin meningkat mengingat meninggalkan Twitter untuk platform alternatif.
Mengingat ketidakpuasan yang meningkat, sejumlah alternatif media sosial berbasis teks melihat lonjakan minat sebagai rumah digital baru yang potensial untuk komunitas Twitter yang kecewa seperti pesaing Meta baru, Utas. Ketika kepemimpinan kontroversial Musk berlanjut, tampaknya permintaan untuk platform alternatif hanya akan terus meningkat. Bagi mereka yang ingin meninggalkan Twitter, Weibo adalah salah satu platform alternatif terbesar untuk negara-negara yang tidak berbahasa Inggris.
discord blog header
Sina Weibo: Platform Micro-Blogging Terbesar di Cina
Sering dijuluki "Twitter Cina", Sina Weibo jauh lebih dari sekadar situs micro-blogging: ini adalah platform media sosial kolosal dan bagian integral dari kehidupan sehari-hari di Cina. Diluncurkan pada 2009 oleh Sina Corporation, Weibo – istilah yang diterjemahkan menjadi "microblog" dalam bahasa Cina – telah berkembang selama dekade terakhir dari platform blogging dasar menjadi jaringan media sosial yang komprehensif. Pada 2018, Weibo menawarkan 462 juta pengguna aktif bulanan yang mengejutkan dan pendapatan bersih USD $ 481,9 juta, menaungi 326 juta pengguna global Twitter, mendorong beberapa orang untuk menyarankan Twitter harus diberi label "Weibo Barat '' sebagai gantinya.
Weibo berfungsi sebagai platform dinamis bagi netizen untuk membuat, mendistribusikan, dan menemukan konten, bertindak sebagai hub yang berpengaruh untuk topik terbaru dan masalah sosial. Banyak jurnalis mendistribusikan berita melalui akun Weibo mereka, menjadikan platform ini pemain penting dalam lanskap berita Tiongkok.
- Cara Beli Saham dengan Aplikasi Ajaib di Smartphone dan Android
- Cara Daftar Akun Weibo, Twitter Versi China
- Cara Dapat Gaji Tinggi ! Kenali dulu Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Android Developer
- Cara Transfer PayPal ke Dana dibawah 10$ Tanpa Pihak 3
- Cara Daftar Akun Weibo, Twitter Versi China
- Mempercantik Tampilan Website dengan CSS ! Yuk Baca Panduan Geturnet
Selain itu, basis pengguna Weibo yang besar menjadikannya hotspot untuk merek internasional seperti L'OrealPro, Coca-Cola, dan The Australian Tourism Board, yang menggunakannya untuk memperkuat kehadiran mereka di pasar Cina. Dari pencarian tren hingga pembaruan industri hiburan, Weibo menyelenggarakan banyak selebritas, blogger terkenal, dan Pemimpin Opini Utama ( KOL ), memperkuat statusnya sebagai alat pemasaran yang kuat dalam lanskap digital Cina yang dinamis.
Temukan hal-hal baru di Weibo kapan saja, di mana saja; Di Weibo, ratusan juta netizen menonton, berbagi, dan berinteraksi setiap hari.
Bila dibandingkan dengan Twitter, pengguna Weibo jauh lebih aktif. Pengguna Weibo juga lebih mengumbarkan informasi pribadi mereka dan sering membagikan post tentang pemikiran mereka dan berkomentar pada post orang lain. Selain itu, Weibo juga digunakan para penggunanya untuk mendapatkan berita terkini.
Dengan hadirnya “Great Firewall” China yang memblokir banyak situs web, seperti Facebook, Twitter, dan YouTube, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang digunakan orang China untuk menavigasi internet. Di bawah ini adalah 5 situs web China teratas dan jenis layanan apa yang mereka sediakan.
1. Baidu: baidu.com/ 百度 (bǎi dù)
Baidu (bǎi dù) masih merupakan mesin pencari paling populer di China. Platform ini juga merupakan website termudah untuk mengunduh gambar, musik, dan menonton acara TV. Namun, karena masalah hak cipta, banyak materi yang ada di situs ini tidak tersedia di negara lain.
2. QQ: qq.com 腾讯网 (téng xùn wǎng)
QQ (téng xùn wǎng) terkenal dengan layanan pesan instan yang mirip dengan ICQ atau MSN messenger. Situs web ini juga menawarkan layanan lain, seperti email, berita, musik, belanja, dan permainan.Setelah Anda membuat akun QQ, Anda juga dapat mendaftar untuk "Zona QQ", sesuatu yang mirip dengan Facebook, di mana Anda dapat memposting sesuatu dan dapat dibaca teman Anda.
3. Weibo: weibo.com 微博 (wēi bó)
Weibo 微博 (wēi bó) adalah Twitter versi China. Pengguna dapat membuat akun publik yang teman mereka "ikuti" dan posting mengikuti batas 140 karakter yang sama. Seiring perkembangannya, Weibo juga memiliki fitur unik yang disebut 长微博 (cháng wēi bó, pada dasarnya 'blog panjang') yang memungkinkan pengguna untuk memposting artikel yang lebih panjang dengan gambar.
4. Sina: sina.com.cn 新浪网 (xīn làng wǎng)
Sina (xīn làng wǎng) adalah yang salah satu situs paling formal dan merupakan pilihan untuk menyiarkan berita terkait pemerintah. Meskipun padat dengan informasi, situs ini juga menyediakan bagian yang mencakup artikel hiburan, mode, keuangan, dan olahraga. Ada juga bagian GIF yang berisi video lucu dan unggulan.
5. Youku: youku.com/ 优酷 (yu kù)
Singkat kata, Youku (yōu kù) adalah YouTube versi China. Platform ini sangat populer untuk menonton drama China, video musik, dan video populer lainnya. Ada semakin banyak acara dan film dari Inggris, AS, dan Korea, dan Youku baru-baru ini juga telah mulai menambahkan biaya langganan yang terjangkau untuk mengakses film baru dan serial TV yang baru dirilis.
Untuk menavigasi semua situs dengan bahasa Mandarin di atas, Anda perlu kemampuan bahasa Mandarin yang baik.
Post a Comment for "Pro dan Kontra Weibo sebagai Alternatif Twitter pada tahun 2023"